Minggu, 02 Mei 2010

Presiden Bakal Minta Tambahan Kuota Haji

Bandung(Pinmas)--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan melaksanakan ibadah umrah dan bertemu Raja Arab Saudi Abdullah Juni mendatang. Kunjungan orang nomor satu Indonesi itu diharapkan membahas permintaan penambahan kuota haji tahun ini. Saat ini, kerajaan Arab Saudi baru menyetujui kuota jamaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 211 ribu jiwa, sedangkan kuota usulan pemerintah mencapai 235 ribu jiwa.

"Presiden akan datang ke Saudi Juni ini. Presiden nanti diharapkan bisa bicara dengan Raja untuk memperoleh tambahan kuota," kata Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Slamet Riyanto dalam diskusi kebijakan strategis untuk persiapan haji 2010, Jumat, (30/4).

Menurut Slamet, bila permintaan tambahan kuota itu disetujui Raja Arab Saudi, maka Indonesia bisa mengirimkan lebih banyak jamaah haji tahun ini. Hal itu juga berarti peningkatan 11 persen dibandingkan kuota haji tahun lalu sebanyak 207 ribu jamaah. Ia juga optimistis bisa mengurus proses dokumen jamaah haji tambahan bila permintaan itu disetujui. "Kalau Juni disetujui, masih ada waktu untuk mengurus berbagai dokumen yakni Juli dan Agustus. Ini pas puasa," katanya.

Slamet menyebutkan, dari 207 ribu jamaah haji tahun lalu, sebanyak 191 ribu merupakan jamaah haji reguler, sedangkan sisanya adalah jamaah khusus. Sementara, terdapat 194 jamaah haji reguler tahun ini dari kuota 211 ribu jiwa. "Tahun ini jamaah BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) khusus ada tambahan seribu dari 16 ribu tahun lalu menjadi 17 ribu," katanya.(rep/aru/ts)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar