Jumat, 23 Oktober 2009

Depag Sediakan Thermal Scanner Bagi JCH

suarasurabaya.net| Mengantisipasi virus H1N1, Departemen Agama akan menyediakan thermal scanner yang akan ditempatkan di Asrama Haji Sukolilo.

“Rencananya, akan dikirim thermal scanner untuk memeriksa suhu tubuh jamaah calon haji (JCH). Tapi, masih nunggu karena alatnya belum datang,” kata NAJIYULLAH Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Kamis (22/10).

Bagi mereka yang bersuhu 38 derajat Celsius keatas setelah diperiksa lewat thermal scanner akan dilakukan pemeriksaan kesehatan ulang.

Sedangkan mereka yang memiliki penyakit beresiko tinggi, diharuskan melakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Untuk hari pertama, Kamis (22/10), ada 1.340 JCH dari kloter 1, 2 dan 3 yang tiba di Asrama Haji Sukolilo. Selama di asrama mereka akan mendapat pembinaan, manasik dan periksa kesehatan. Sebelum pemberangkatan ke Juanda, mereka akan dikumpulkan di Bir Ali Asrama Haji Sukolilo untuk diberikan gelang identitas, paspor/visa dan living cost sebesar 1.500 riyal.

Dari asrama menuju Bandara Juanda, disediakan bus bagi para JCH. Untuk JCH yang menggunakan penerbangan Saudi Arabia Airlines (SAA) disediakan minimal 22 bus. Sedangkan untuk Garuda Airlines disiapkan minimal 11 bus guna mengangkut JCH ke bandara.

JCH yang datang hari ini akan diberangkatkan menuju Madinah pada Jumat (23/10). Untuk kloter 2 akan berangkat lebih dulu pada pukul 10.00 WIB menggunakan SAA. Sedangkan kloter 1 berangkat belakangan pukul 12.15 WIB dengan penerbangan Garuda. Kloter 3 berangkat pukul 12.00 WIB dengan pesawat SAA.(git/ipg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar